Senin, 10 Oktober 2011

Apa khabar Ramadhan?


Apa khabar Ramadhan? Sudah satu bulan lebih Ramadhan berlalu, apa yang masih tersisa? Atau mungkin sudah tidak ada sama sekali jejaknya, sekalipun itu sekedar ingatan atau memori. Jika pada Ramadhan shalat fardhu begitu disiplinnya dijaga berikut prosesi jamaahnya di masjid, apakah kini masih seperti itu? Bila ketika Ramadhan sedekah menjadi ritual rutin pagi dan sore, apakah saat ini ia masih menjadi rutinitas pada dua sudut hari itu?

Selain itu, bagaimana dengan tilawah Qur’an, masih lajukah halaman per-halamannya dibuka dan dibaca? Atau mungkin sudah terhenti kelajuannya sejak hari terakhir Ramadhan lalu. Lalu bagaimana hafalan-hafalannya, bertambah banyakkah baris-baris Qur’an mengendap di memori? Atau bahkan boleh jadi baris-baris itu semakin menghilang seiring semakin akrabnya kita dengan dunia di luar Ramadhan.

Jika semua pertanyaan diatas itu, dijawab dengan kalimat; yah seperti itulah adanya.., maka saya cukupkan pertanyaannya sampai disitu saja. Saya malu untuk melanjutkan pertanyaan pada kabar ritual lain; bagaimana tarawih-tahajud, bagaimana puasa sunnah, bagaimana dhuha, bagaimana ma’tsurat dzikir pagi dan petang, bagaimana kejujuran dan menjaga diri, apa kabar Ramadhan.

Renungan ini muncul, ketika di masjid kami mulai lagi membahas program-program dakwah selanjutnya menghadapi bulan dzulhijah ini. Diatas itu, pertanyaan-pertanyaannya mungkin bukan untuk anda, tetapi lebih tertuju untuk saya. Ikatan bathin dengan Ramadhan ketika saya ada di dalamnya, ternyata tidak begitu kuat. Sehingga selepas bulan itu berlalu begitu mudahnya saya keluar dari pengaruhnya. Sampai-sampai tidak ada yang tersisa.

Tapi bukankah tidak ada yang perlu disuntuki dari situasi diri seperti ini. Karena respon yang paling pantas dari kondisi ini adalah perbaikan atau koreksi diri. Respon yang tepat hanyalah menghidupkan kembali semangat Ramadhan, mendirikan kembali ritual-ritualnya, prosesi ibadah dan rutinitas amal shalehnya. Mari hidupkan kembali Ramadhan.

Tidak ada komentar: