Jumat, 04 Januari 2008

Eksplorasi Ekonomi Islam

Diskusi makroekonomi dalam Islam memang belum semenarik pembahasan keuangan/perbankan syariah, mengingat diskusi ini tidak memiliki insentif sebesar keuangan/perbankan syariah. Diskusi dan eksplorasi keuangan/perbankan syariah digerakkan oleh kebutuhan aplikasi di industri. Tentu saja penelitian, kajian, inovasi dibidang itu begitu didorong khususnya oleh para bankir. Namun kekhawatiran yang muncul adalah eksplorasi keilmuannya akan terkontaminasi oleh kepentingan industri, dimana demi kepentingan pasar (profit/materi) ternyata industri hanya membutuhkan pembenaran-pembenaran dari sisi syariah pada aplikasi-aplikasi keuangan/perbankan (konvensional).
Sementara, diskusi makroekonomi relatif dibutuhkan oleh para otoritas, penentu kebijakan yang ada pada level negara. Insentif maksimal yang bisa didapatkan oleh eksplorasi bidang ini adalah keberpihakan para penentu kebijakan pada makroekonomi menggunakan perspektif Islam. Dan insentif minimalnya diberikan oleh para akademisi melalui semangat eksplorasi ilmu yang mereka miliki. Namun dari situlah sebenarnya kemurnian ilmu, kebenaran nilai dan keakuratan analisa bisa diperoleh. Eksplorasi yang dimotivasi oleh semangat keilmuan itu sendiri.
Oleh sebab itu, kepada rekan-rekan akademisi, mahasiswa dan semua pemerhati ekonomi Islam. mari kita lakukan kerja lebih keras untuk berdiskusi, menganalisa dan mengeksplorasi keilmuan ini. Mari lebih banyak membaca, saling tukar menukar literatur, diskusi dan tentu saja menulis, menuangkan semua perenungan dan analisa, merekam semua hasil diskusi. Semoga Allah SWT akan memberikan kita pencerahan, menyingkap tabir antara kita dan ilmu, tabir antara kita dengan kebenaran, tabir antara kita dengan Allah SWT.

1 komentar:

Rahmadsyah Trainer Public Speaking mengatakan...

Assalamu'alaikum
Pak Ali Sakti yang berbahagia,bagaimana kabarnya pak..?seminar bapak jumat lalu di TAZKIA masih membekas bagi saya sampai hari ini pak.Oh ya pak,kalau boleh saya usul,diblognya ditambahin oggix dong paK,jadi bisa silaturahim gitu...

wassalam
Rahmadsyah
Mahasiswa Akuntasi Syariah TAZKIA,yang jadi MC waktu seminar kemarin