Selasa, 28 Oktober 2008

Bank Umum Syariah di Indonesia Bertambah 2 Bank

Alhamdulillah, tahun ini telah bertambah 2 Bank Umum Syariah (BUS) baru yaitu PT. Bank Syariah BRI pada tanggal 16 Oktober 2008 dan PT. Bank Syariah Bukopin pada tanggal 27 Oktober 2008. Kedua bank ini menggenapi 3 BUS yang telah lebih dulu ada, yaitu BSM, BMI dan BSMI. Semoga kehadiran kedua bank ini merupakan awal keberkahan Allah SWT bagi dunia perbankan Indonesia. Dan kita berharap keberkahan lainnya akan menyusul dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Krisis keuangan global saat ini, betul-betul diharapkan menjadi tanda runtuhnya peradaban kapitalisme. Krisis ini menjadi fenomena penyiapan lingkungan bagi munculnya peradaban baru. Dan boleh jadi secara lokal peradaban baru perbankan muncul melalui perbankan syariah. Seiring dengan krisis keuangan ini, perbankan syariah Indonesia berkembang dalam skala yang lebih besar.

Teman-teman sekalian, Allah SWT sudah khabarkan bahwa sistem yang digerakkan oleh 10/20/100 orang yang beriman dan sabar akan mengalahkan sistem yang digerakkan oleh 100/200/1000 orang yang tak percaya pada Tuhan. Mari sambut khabar ini. Mari berusaha masuk dalam barisan orang beriman dan sabar, yang kekuatan mereka 10 kali ganda dari orang-orang yang tak percaya kebahagiaan syurga. Boleh jadi sumbangsih minimal yang diharapkan oleh Tuhan dalam menegakkan peradaban baru perbankan ini sekedar memegang rekening bank syariah dan ikut berusaha memperbaikinya, membesarkannya, menjaganya, dan sabar dengan konsekwensi dibalik itu semua.

Kalaupun ada cobaan ujian berupa ketidaknyamanan bersama dengan peradaban itu, ingatlah peradaban itu bergantung pada manusia dibelakangnya. Jadi jangan berpaling dari peradaban itu, peradaban itu menjadi keniscayaan zaman, bahkan zaman berharap dan menuntut ia ada. tinggal saja pastikan selalu manusia-manusia dibelakangnya adalah manusia yang memang tepat bagi peradaban itu. Semoga Allah SWT sabarkan hati dan kuatkan langkah kita. Amin.

Tidak ada komentar: