Rabu, 29 April 2009

Global Financial Crisis: Apa Khabar Hari ini?

khabar menarik hati di layar kaca dini hari tadi. GDP Amerika pada triwulan pertama 2009 shrinking 6,1%, fantastis! perkembangan buruk yang lebih buruk dari semua prediksi pakar dan lembaga keuangan dunia. khawatir akan ada orang (entah kapasitasnya apa) mengatakan: loh kan ini pertanda baik, karena setelah tenggelam pasti dia akan timbul kembali, ini persiapan untuk melenting lebih tinggi, bukankah lambungan tinggi itu berkorelasi positif dengan ancang-ancang yang lebih dalam? kalau inipun sebuah proyeksi, pasar pasti akan memberikan jawabannya seperti yang sudah-sudah: kenyataan yang tak terduga!

laporan yang tidak kalah mengherankan mengiringi "prestasi" amerika ini adalah survey terhadap popularitas Obama yang masih relatif tinggi. hebat ya. mungkin Obama akan bilang jika bukan karena kerja saya dan tim ekonomi kami, mungkin pertumbuhan negatif Amerika akan lebih buruk dari itu. alasan klasik dan Amerika banget. lagunya CEO-CEO Amerika kan juga seperti itu, pake jurus yang sama untuk menjustifikasi bonus-bonus yang mereka dapatkan diluar gaji dan tunjangan, apapun kondisi perusahaan yang dia pimpin.

sementara itu di belahan dunia lain, di Eropa tidak kalah dahsyatnya fenomena ekonomi yang terjadi. raksasa ekonomi Eropa, Germany diperkirakan juga akan mengalami pertumbuhan minus 6,0%. raksasa industri Germany, VW mengalami penurunan profit 74%, Continental 57%, Bayer 44%. keren ga tuh?! sedangkan Italy mengalami penyusutan ekonomi kurang lebih sebesar 2%, tapi prestasi Italy yang membuat sedikit bangga adalah industri mobil Fiat-nya akan membantu Chrysler perusahaan raksasa otomotif Amerika yang sudah di ujung tanduk.

beda sama industri unyil disekitar rumah gue. warung-warung nasi uduk semakin menjamur, pasar pagi, pasar malam dan pasar kaget lainnya semakin meluber. pusat-pusat belanja, piknik, hobby semakin membludak penggemarnya. sementara itu tetanggaku ga cukup 1 mobil di rumahnya, bahkan ditambah sedikit demi sedikit beberapa motor, eh sepeda juga ding kan lagi tren. sementara saya baru aja jual motor buat tambah-tambah kontrakan rumah yang semakin meningkat rate-nya. tuh kan rate rumah kontrakan juga naik loh, jadi rumah kosong ga lama kok keadaannya. pasti ada penyewa yang akan datang. hebat ya ciputat eh Indonesia?!

Tidak ada komentar: