Minggu, 21 Maret 2010

Belajar dari Buku Sejarah


Banyak pelajaran yang dapat diambil dari buku-buku sejarah Islam. Bukan hanya pengetahuan atau informasi tentang kehidupan masa silam berikut peristiwa-peristiwa sejarah dan bersejarah, tetapi pelajaran tentang manusia dan dunia. Pada saya buku sejarah menyuguhkan dua pelajaran penting ini; manusia dan dunia.

Dengan sejarah kita memahami siapa itu manusia, tingkah lakunya dan kecenderungan-kecenderungannya. Sejarah menjabarkan bagaimana awal dan akhir baik manusia-manusia mulia maupun manusia-manusia hina. Dan dengan sejarah itu kita sebagai manusia yang berada diujung sejarah dapat mengukur dan memposisikan diri untuk berada di ruang sejarah yang mana.

Sejarah juga seringkali mengajarkan kita banyak hal dan relatif lebih mudah tentang teori-teori dan nilai-nilai Islam yang kita tidak mengerti pada kitab-kitab akidah, akhlak dan syariah. Karena sejarah mengajarkannya melalui peristiwa dan prilaku manusia-manusia mulia yang memahami akidah, akhlak dan syariah yang kita coba untuk fahami itu. Akhirnya dengan itu semua, kita mampu memilih sejarah bagi hidup kita masing-masing. Maknanya sejarah mampu langsung atau tidak langsung menentukan aliran peristiwa masa depan, malalui manusia-manusia yang tersambung dan tersadarkan oleh sejarah.

Selain itu, sejarah juga mengajarkan banyak hal tentang dunia, tentang karakteristiknya, sifat alamiahnya, cobaan dan ujiannya, kasih sayang serta amarahnya. Dari sejarah kemudian kita bisa belajar bagaimana menyikapi dunia dan segala isinya, memposisikan diri dalam irama dunia dan dinamikanya. Sejarah pada skala dan tingkatan tertentu sudah menyuguhkan atau bahkan menegaskan seperti apa hakikat dia. Dan dengan penjelasan melalui sejarah sepatutnya kita menjadi lebih bijak pada dunia, karena tempat dan periode dunia ini menentukan status manusia setelah ia keluar darinya.

Jadi tidak ada salahnya, jika kita kesulitan memahami akidah, akhlak dan syariah Islam yang ribet di berbagai kitab, kita buka saja buku-buku sejarah Islam. Karena di dalamnya kita akan temukan pelajaran-pelajaran akidah, akhlak dan syariah dalam bahasa yang berbeda. Kitab sejarah dalam hal ini pasti tidak menggurui anda, karena ia pada dasarnya bercerita tentang manusia-manusia masa lampau dengan kemuliaan dan kehinaan mereka. Bahkan diluar ilmu pokok dan dasar itu, dari buku sejarah kita bisa belajar tentang hukum, politik, budaya atau bahkan ekonomi. dan sekali lagi dengan bahasa yang berbeda.

Tidak ada komentar: