Minggu, 31 Mei 2009

General Motors & Chrysler akhirnya...

Legenda industri automotive yang telah 77 tahun menjadi ikon industri modern US akhirnya tumbang! General Motors (GM) dan Chrysler, 2 dari 3 industri besar yang menjadi parameter program pemulihan ekonomi Obama akhirnya menyerah. Tentu saja yang hal ini membuat Obama tertunduk lesu, karena belum sampai satu semester kekuasaannya, pasar telah memberikan jawaban bahwa usahanya dan jualan kampanyenya tidak laku!

Kedahsyatan badai krisis keuangan betul-betul memporak-porandakan ekonomi negeri adi daya itu. Sampai-sampai badai bukan hanya menggilas infrastruktur ekonomi yang anyar, tetapi juga meluluh-lantakkan legenda-legenda ekonomi yang menjadi pilar keadi-dayaan perekonomian Amerika. Sungguh tragis.

Terbayang sudah berapa pengangguran baru terinjeksi kepasar, berapa potensi goncangan selanjutnya baik secara ekonomi maupun sosial, efek multiplier, sentimen negatif pada sektor riil lainnya. Duh, kasihan... Ups, kasihan? Ga la, secara sistem tidak ada alasan memberikan komentar kasihan. Mereka memang harus membayar dengan cara seperti ini, bahkan boleh jadi ini baru awal, proses kehancuran baru dimulai. Sehingga dimungkinkan kita masih akan menyaksikan tragedi-tragedi dramatis lain setelah ini.

Drama ini sudah berjalan, lebih dari 9 bulan sejak hancurnya Lehman Brothers. Setiap episodenya; episode krisis lembaga mortgage, perbankan, asuransi dan kini sektor riil, semakin hari semakin menarik. Hal-hal tak terduga diluar ekspektasi selalu memberikan kejutan yang membuat mata membelalak atau nafas tertahan.

Meskipun kini parameter ekonomi US dilaporkan semakin membaik; indeks dowjones dan parameter keuangan lainnya bergerak positif, tetapi kesulitan riil semakin menghantui rakyat Amerika khususnya kelas menengah kebawah. Obama, you are in the great danger! anda sedang menjadi nahkoda bahtera yang sedang diberikan pilihan; tenggelam perlahan atau meledak sebelum tenggelam :) wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: