Rabu, 06 Mei 2009

Hidup Sederhana

Paul Kennedy menulis sesuatu yang berharga dalam bukunya yang berjudul "Rise & Fall World Imperium", yaitu pelajaran bahwa ekonomilah yang membuat banyak peradaban lahir dan berkembang. tetapi ekonomi pula yang kemudian membuat peradaban kuat itu hancur dan musnah.

betul, semangat kemegahan membuat sebuah peradaban terbangun. tetapi kemegahan kemudian membuat semua elemennya terkulai asyik dengan kenikmatannya, hingga ia mematikan semangat yang dulu ada. dan akhirnya mati.

dari banyak cerita hidup manusia shaleh terdahulu, sejarah telah mempertontonkan pada kita kehidupan-kehidupan bersahaja mereka. sederhana dalam makanannya, pakaiannya, rumahnya, hartanya, tetapi tidak dalam infak sedekahnya. megah sekali amal mereka.

menyikapi itu, salah satu seruan moral dan akhlak dalam ekonomi Islam adalah hidup sederhana. saya mencoba untuk mulai dengan diri sendiri dan kemudian membangun "komunitas hidup sederhana". anda tertarik?

saya mengajak semua pengunjung blog ini (please), sedikit meluangkkan waktunya untuk memberikan komentar tentang ide ini, atau setidaknya memberikan pendapat pribadi tentang apa itu hidup sederhana. silakan.

Tidak ada komentar: