Senin, 27 Desember 2010

Pelamun berangkat haji... (3)


9 November 2010, saat saya tulis kata-kata ini saya sedang menikmati bangunan terindah dan tersuci di muka bumi, Ka’bah!! Dengan Maqam Ibrahimnya yang anggun, dengan Hijr Ismailnya yang tak pernah sepi, dengan Hajar Aswadnya yang menjadi magnet untuk siapa saja dan dengan Rukun Yamaninya yang tak bosan untuk disapa.

Saat ini saya sedang duduk di undakan anak tangga menghadap pelataran Ka’bah dari masjid teragung yang ada di muka bumi. Saya nikmati menaranya yang menjulang gagah, pilar-pilarnya yang berbaris padu bagaikan dinding, memandang manusia-manusia yang seakan-akan tidak ingin menyisakan setapakpun pelataran Ka’bah.

Saya tidak ingin bicara hikmah dibalik pemandangan ini, karena saya yakin tak ada hikmah yang lebih bermakna kecuali hadir di depan Ka’bah, di dalam Masjidil Haram dan menikmatinya!!

Kalau anda iri, berarti anda mengerti maksud saya, karena mau saya memang membuat iri siapapun yang tidak hadir disini. Puas!

Tidak ada komentar: