Senin, 13 Juni 2011

..esensi

melihat peta sebaran pengunjung blog ini, cukup membuat penasaran saya. siapa sajakah? seberapa manfaatkah tulisan-tulisan ini? tulisan yang kebanyakan hanya ramuan renungan, fakta data, dan sedikit penguasaan olah tulis kata yang itu juga seringkali tidak pas dengan kaidah-kaidah baik dalam berbahasa.

anda tahu, kadangkala muncul dalam hati saya sebuah keyakinan bahwa sebenar-benarnya amal seorang manusia yang lepas dari sifat-sifat kemakhlukannya adalah "berfikir", merenung! merenungkan dirinya, langit, bumi, lingkungan, manusia lain, kehidupan, kematian, sejarah, kebaikan dan keburukan, semuanya...

selain berfikir, manusia kebanyakan terjebak pada aktifitas fisik yang dominan bermotivasi untuk survive.. kalau manusia berbuat buruk atau baik ternyata esensinya adalah memelihara eksistensi dirinya.. perbuatan itu akan dinilai buruk atau baik jika perbuatan tersebut melanggar atau menaati norma-norma atau pedoman bertindak, baik atas konsensus manusia atau aturan Tuhan.

tetapi sejatinya perbuatan fisik itu bertujuan untuk bertahan hidup..

sementara berfikir, ruang geraknya begitu luas. dalam ruang fikir anda bisa melakukan apa saja, tidak ada yang melarang, tidak ada yang menghukum, tidak juga ada yang menghargai atau mengagumi. ceritanya akan berbeda jika ia keluar dari ruang berfikir melalui indera manusia yang lain, seperti lisan, tangan atau kaki..

loh kok jadi ngelantur bicara tentang renungan? saya cuma ingin tahu siapa saja anda yang selalu membuka membaca tulisan-tulisan blog ini. beberapa teman-teman Fossei sering menyapa saya melalui jarkom yang tersedia di blog ini, tetapi anda yang yang lain, saya belum tahu..

anyway, salam dari saya, semoga tulisan-tulisan saya ada manfaatnya..
tetapi kalau ada mudharatnya, membawa masalah bagi anda, saya juga mohon maaf atas ketidak-nyamanan yang tak sengaja saya buat..

ya untuk tulisan kali ini saya sedang iseng, mau tulis apa yang terlintas saja di fikiran saya. hari ini hari ulang tahun anak sulung saya yang ke 9. semakin banyak kejutan yang anak saya berikan pada saya, dari sifat dan sikapnya, dari celetukan dan ngambeknya.. waktu yang berjalan sudah mulai memberikan banyak wajah dunia yang perubahannya semakin hari semakin dramatis..

blog ini sedikit banyak telah menangkap banyak hal yang telah saya lewati, baik untuk diri pribadi, keluarga, lingkungan kerja dan banyak lagi. bagaimana dengan anda? sudah berapa ramadhan dan lebaran yang telah kita nikmati, sudah berapa sekolah yang kita jalani, sudah berapa halaqoh yang kita masuki, sudah berapa kantor yang kita layani, sudah berapa khatam qur'an yang kita genapi, sudah berapa jum'at yang kita singgahi, sudah berapa peristiwa duka dan cita yang mewarnai hari-hari? apa sajakah yang tertinggal dari itu semua?

menanyakan pertanyaan-pertanyaan itu pada diri saya, maka tentu saya akan jawab semua itu sudah lebih dari cukup untuk membuat saya sadar akan kebaikan, keburukan atau kematian. maknanya, semua itu sudah lebih dari cukup untuk mengembalikan saya pada posisi manusia yang baik. tapi kalau saat ini saya masih buruk, maafkan saya. kalaupun anda menilai saya ini sudah baik, mungkin itu hasil kelihaian saya memainkan topeng untuk anda sekalian.

dan anda tau, blog ini boleh jadi salah satu topeng saya. karena sesungguhnya saya tidak tahu saya ada dimana, saya tidak tahu siapa saya dan seperti apa saya akan menjadi..

1 komentar:

Ideku Duniaku mengatakan...

Terkadang menyelami diri sejenak itu sangat dibutuhkan. Ketidak tahuan diri dan topeng yang menempel dalam diri cukup sudah membingungkan saya dan harus saya sudahi. kalau diberikan kesempatan untuk memilih topeng maka saya akan memilih topeng yang terbaik. dengan harapan bagaimana saya turut bisa baik pula.Jazakallah khoir atas tulisannya. (Mufid, Malang)