Minggu, 30 November 2008

Bait Al Hikmah

Muangkin ada yang betanya-tanya mengapa saya tayangkan gambar di samping ini yang bertuliskan Bait Al Hikmah. Tidak ada maksud-apa-apa sebenarnya, kecuali hanya ingin menunjukkan mimpi atau mungkin obsesi, tentang keberadaan lembaga yang menjadi rujukan para pencari ilmu, pencari kebijaksanaan, pencari hikmah, yaitu The House of Wisdom atau Bait Al Hikmah.

Saya memfungsikan blog ini sebagai Bait al Hikmah bagi saya. Karena renungan yang "pop-up" di kepala saya dalam jangka waktu tertentu dan tertuang dalam tulisan dapat memberikan hikmah baik bagi saya sendiri maupun bagi orang lain. Atau tulisan-tulisan pihak lain yang sejalan dengan misi blog ini menjadi hikmah buat semua.

Entah kapan, saya memang memimpikan satu tempat atau lembaga Bait Al Hikmah berdiri, dimana orang didalamnya bergaul dan berinteraksi murni untuk mencari ilmu. Mereka berkumpul bukan mencari nilai, sertifikat atau kompetensi atas motifasi lain kecuali kepuasan mendapatkan "wisdom". Dari wisdom itu, mereka akan lebih nyaman menjalani hidup yang didalamnya terdapat banyak cobaan, ujian dan kenikmatan. Dengan wisdom mereka bisa tampil menjadi manusia terbaik dari manusia baik yang ada.

Oleh sebab itu, misi dari Bait Al Hikmah itu adalah "mewujudkan manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain".

Dalam mimpi saya, Bait Al Hikmah terkumpul para pakar dari disiplin ilmu apapun yang saling membagi keilmuannya, dalam diskusi, dalam informal lectures, dalam kelas-kelas reguler dan ireguler. Di Bait Al Hikmah terdapat perpustakaan dengan buku-buku yang lengkap, tempat itu tepat untuk menyepi mencari hikmah. Tetapi juga tepat bagi siapa yang membutuhkan komunitas untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Bait Al Hikmah pada perspektif lain dapat menjadi knowledge cafe, tempat persinggahan orang yang ingin melepaskan kepenatan fikiran dan hati, dengan mendengarkan hikmah-hikmah dari lectures berbagai disiplin ilmu atau sekedar syair-syair Islami.

Hmmm... adakah yang bermimpi sama?

2 komentar:

Abiaqillah mengatakan...

ada saya

PENGURUS mengatakan...

kalau kita masuk syurga mas Umar, kita minta para Rasul menjadi narasumbernya ya :). kita buat bait al hikmah di sana... masya Allah...