Rabu, 12 November 2008

Diskusi Tentang Bentuk Pasar Investasi

Pernyataan:
bayangan saya institusi pasar modal yg islami mungkin tidak harus besar seperti saat ini, mengingat frekuensi jual-beli nya pun tidak banyak....kemudian lembaga keuangan islam yg ada bisa menggantikan peran broker saat ini, karena data base para pemodal sudah ada di lembaga keuangan islam itu....

Diskusi:
Sepakat dengan "bayangan" anda Mas Backpackers, bahwa volume transaksinya mungkin tidak akan banyak, karena pemain spekulatifnya dieliminasi. tetapi kemanfaatannya lebih banyak bagi perekonomian; kestabilan sistem, reduksi ketimpangan sektoral, reduksi misalokasi produksi dan kapital.

Di pasar keuangan yang lain, kejadiannya pun sama, bahwa keseimbangan investasi harus berorientasi pada projek investasi yang berakhir pada peningkatan volume (transaksi) barang dan jasa.

Dengan begitu kita akan tahu bahwa sebenarnya moneter syariah hanyalah pasar investasi yang posisinya tidak sejajar dengan sektor riil (classical dichotomy-nya konvensional). sektor moneter Islam adalah sektor pendukung sektor rill, yang eksistensinya tergantung pada eksistensi sektor riil. Jika sektor riil (underlying transaction) ada maka sektor moneter ada.

Tidak ada komentar: