Selasa, 19 Juli 2011

CALL FOR PAPERS: FORUM RISET PERBANKAN SYARIAH - 2011



TUJUAN
1. Mendapatkan ide atau gagasan terkait pengembangan keuangan dan perbankan syariah nasional dari kalangan akademisi dan peneliti.

2. Menjadi forum tetap bagi para akademisi dan peneliti untuk mengeksplorasi ide atau gagasan dalam bentuk kajian-kajian ilmiah, serta mengukur kedalaman pengetahuan dan keahlian para akademisi dalam bidang keuangan dan perbankan syariah.

3. Menjadi sarana bagi akademisi dan peneliti untuk turut aktif dalam proses pengembangan keuangan dan perbankan syariah nasional.

KUALIFIKASI PAPER

1. Paper perbankan syariah tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

a. Tulisan sesuai dengan ruang lingkup yang telah ditentukan dengan menggunakan format dan kaidah penulisan ilmiah yang lazim dan dengan elaborasi sumber-sumber pustaka yang memadai; yaitu minimal memiliki ruang lingkup pembahasan:
i. Abstrak
ii. Latar Belakang, identifikasi masalah, tujuan penelitian
iii. Literatur Review (jurnal dan buku mutakhir)
iv. Metode Penelitian
v. Analisa
vi. Kesimpulan dan Rekomendasi
vii. Daftar Pustaka

b. Ditulis dalam kertas ukuran A4, 1,5 spasi, font 12 Times New Roman dan minimal 20 halaman (tidak termasuk tabel atau grafik dan daftar pustaka). Penjelasan tambahan (note) ditulis dalam bentuk footnote (bukan endnote).

2. Paper yang akan dinilai apabila paper tersebut memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. Paper harus berisi solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah perbankan syariah Indonesia terkini. Sehingga paper juga harus mampu dengan baik mengidentifikasi masalah yang krusial dalam industri perbankan syariah nasional.

b. Menggunakan bahasa akademik atau paper ilmiah, bukan gaya bahasa populer seperti buku populer atau artikel koran.

c. Pada bab analisis dan implikasi kebijakan sepatutnya lebih banyak pembahasannya dibandingkan bab pendukung seperti literature review dan metode riset.

d. Gaya penulisan termasuk judul juga menunjukkan bahwa paper menawarkan solusi dan bukan hanya berupa penerapan dari suatu teori seperti aplikasi model matematika atau statistika atau ekonometrika pada pembiayaan, giro, tabungan dan deposito, tanpa jelas solusi apa yang ditawarkan dari penerapan model-model tersebut.

3. Tulisan dan softfile-nya paling lambat kami terima paling lambat FRPS I tanggal 13 Agustus 2011, FRPS II tanggal 12 November 2011, dan dikirimkan ke Kantor Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, Jl Setiabudi Tengah No. 29, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan - 10220, E-mail: sekretariat@ekonomisyariah.org.

4. FRPS 2010 dibuka untuk para peneliti dengan kategori:
a. Peneliti Pemula (Mahasiswa S1, Sarjana (S1), Mahasiswa S2 atau setingkat)
b. Peneliti Madya/Utama (Master (S2), Mahasiswa Doktoral, PhD/Dr. (S3) atau setingkat)

5. Paper yang disampaikan oleh akademisi dan peneliti akan dipilih 6 paper terbaik (3 paper peneliti pemula dan 3 peneliti madya/utama) yang harus dipresentasikan oleh penulis pada FRPS 2011. 6 paper tersebut adalah paper terbaik untuk masing-masing topik, dengan rincian 1 paper terbaik dari masing-masing klasifikasi peneliti (peneliti pemula dan peneliti madya/utama) untuk masing-masing topik.

6. Kepada penulis diberikan kompensasi masing-masing sebesar:
a. Rp. 8.000.000,00 (termasuk pajak) untuk Peneliti Pemula.
b. Rp. 12.000.000,00 (termasuk pajak) untuk Peneliti Madya.

7. DPbS-BI akan menanggung biaya akomodasi dan transportasi untuk penulis yang berasal dari luar kota (penerbangan langsung/perjalanan domestik kelas ekonomi, termasuk dari Malaysia dan Singapura) .

8. Kompensasi finansial pemenang paper terbaik akan ditransfer ke rekening penulis pada Bank Syariah yang ditunjuk, setelah diterima hasil tulisan yang terpilih untuk dipresentasikan pada FRPS 2011.

9. Paper yang terpilih akan menjadi hak Bank Indonesia untuk keperluan apapun dalam bentuk apapun.

PELAKSANAAN FORUM RISET

Forum Riset I 2011, 29 – 30 September 2011 di IAIN Sumatera Utara, Medan
Forum Riset II 2011, 15 – 16 Desember 2011 di Universitas Padjadjaran, Bandung

Tema Besar:
“Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Industri Perbankan Syariah Nasional Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”

Sub-Tema untuk Call for Paper FRPS I 2011:
1. Inovasi produk perbankan syariah dalam rangka meningkatkan size dan daya saing serta memenuhi kebutuhan masyarakat luas, seperti isu: (i) Produk pembiayaan yang menyasar sektor ekonomi diluar perdagangan dan jasa; (ii) Strategi berdirinya bank syariah khusus untuk sektor ekonomi tertentu; (iii) Meningkatkan penempatan dana pemerintah atau perusahaan-perusahaan BUMN di bank syariah; dan lain-lain

2. Strategi pemenuhan kebutuhan SDM industri perbankan syariah secara jangka pendek dan jangka panjang, dalam rangka merespon beberapa isu seperti; (i) Daya saing SDM perbankan syariah nasional serta pasar keuangan syariah menjelang era MEA; (ii) Merespon kecenderungan bajak-membajak SDM diantara bank syariah nasional; (iii) Kesenjangan tingkat remunerasi perbankan syariah dan perbankan konvensional; dan lain-lain

3. Strategi pengaturan segmentasi pasar antara BPRS (lembaga keuangan mikro syariah) dan BUS/UUS dalam rangka merespon meningkatnya perhatian Perbankan Syariah di pasar pembiayaan mikro-kecil, seperti isu; (i) Strategi usaha dalam pembiayaan masing-masing untuk BPRS (LKMS) dan BUS/UUS; (ii) Mekanisme dan bentuk-bentuk linkage BUS/UUS dengan BPRS atau dengan lembaga keuangan mikro syariah lainnya seperti BMT; dan lain-lain.

4. Pengaturan dan (Shariah) Governance dalam rangka menjaga kepatuhan industri keuangan/perbankan syariah terhadap nilai-nilai GCG dan prinsip syariah serta menjaga kontribusi yang optimal bank syariah terhadap perekonomian nasional, seperti isu; (i) Tata kelola SDM DPS, DSN dan lembaga terkait dalam menjaga good governance dalam industri perbankan syariah; (ii) Regulasi operasional atau kelembagaan bank syariah yang mengedepankan kepentingan perekonomian nasional dalam rangka liberalisasi perbankan era MEA; dan lain-lain

Sub-Tema untuk Call for Paper FRPS II 2011:
1. Inovasi produk perbankan syariah dalam rangka meningkatkan size dan daya saing serta memenuhi kebutuhan masyarakat luas, seperti isu: (i) Produk pembiayaan yang menyasar sektor ekonomi diluar perdagangan dan jasa; (ii) Strategi mendorong peningkatan produk berbasis bagi-hasil (mudharabah & musyarakah);

2. Harmonisasi kebutuhan SDM industri perbankan syariah dan penyediaannya oleh sektor pendidikan formal nasional, dalam rangka merespon beberapa isu seperti; (i) Merespon kelangkaan sarjana (S1) yang memahami keahlian teknis dan pengetahuan kesyariahan sesuai dengan kebutuhan industri perbankan syariah; (ii) Merespon kelangkaan sarjana yang memahami keuangan mikro syariah; (iii) Langkanya SDM BPRS (lembaga keuangan mikro syariah); dan lain-lain

3. Strategi sosialisasi, promosi dan marketing perbankan syariah yang optimal khususnya di luar Jawa, seperti isu; (i) Mendorong pemerintah daerah dalam mendorong bank syariah di daerah melalui program-program lokal atau pembukaan BPRS; (ii) Strategi edukasi komunitas-komunitas potensial daerah untuk bertransaksi dengan bank syariah; dan lain-lain.

4. Pengaturan kelembagaan bank syariah asing dan SDM asing dalam rangka menyambut liberalisasi sektor perbankan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), seperti isu: (i) Pengaturan bank asing atau bank yang dimiliki asing dalam rangka optimalisasi kontribusi industri perbankan syariah terhadap perekonomian nasional; (ii) Pengaturan SDM asing yang masuk dalam industri perbankan syariah; dan lain-lain

2 komentar:

cHubye nttu aqu mengatakan...

Bagaimana cara mendaftarnya? ini untuk individu atau perkrlompok?

cHubye nttu aqu mengatakan...

Bagaimana cara mendaftarnya? ini untuk individu atau perkrlompok?