Kamis, 15 September 2011

Cambridge

Cambridge, kota yang diyakini dibangun tahun 1209 oleh para akademisi yang "melarikan diri" dari Oxford University, akibat perpecahan keyakinan kristiani ini begitu eksotis dan sangat klasik. Tetapi denyut nadi sebagai kota kampus begitu terlihat. Dapat dikatakan kota ini kota kampus, ya lebih tepat dikatakan kota yang berada di dalam kampus daripada dikatakan sebaliknya; kampus yang berada di dalam kota. Karena kampus Cambridge University melingkupi seluruh kota.

Cambridge berasal dari kata sungai Cam dan Bridge (jembatan), dimana kota ini memang terletak ditepi sungai Cam dan memiliki banyak jembatan. Sementara Cambridge University yang menjadi ruhnya kota menguasai kota Cambridge dengan 31 colleges-nya, dari yang tertua Peterhouse Colleges (1284) sampai yang termuda Robinson Colleges (1979).

Kota kampus ini berhasil membuat saya mengasihani diri, karena sampai saat ini saya masih belum memulai studi S3 seperti yang telah menjadi tekad saya. Tetapi kota ini berhasil membangkitkan semangat saya untuk segera kembali ke sekolah. Saya iri dengan kesibukan mahasiswa menuntut ilmu di kota ini. Saya merasa tersindir melihat toko-toko buku yang ada, iri dengan gedung-gedung kuliah yang megah-megah. Saya harus kembali ke kampus.

hmm.. mudah-mudahan Allah SWT mudahkan..

Tidak ada komentar: