Minggu, 08 Januari 2012

ASIA will dominate the world? masa sih!?


membaca kembali komentar saya atas berita yang muncul dalam website berita detik.com, membuat saya kembali berfikir. tidak terlalu lama saya kemudian sedikit curiga dengan kesimpulan saya sendiri. betulkah Asia seistimewa itu?

dengan tingkat pemerataan kue ekonomi yang masih belum merata, tingkat pengangguran yang masih terbilang tinggi, budaya birokrasi yang tidak bisa dikatakan rapih, dan gurita korupsi disemua aspek kehidupan berbangsa masih menyelimuti, masa sih Asia dengan simbol-simbol kemegahan ekonominya merefleksikan hegemoni baru dalam percaturan ekonomi global?

jangan-jangan itu cermin ketidak-becusan pemimpin dalam mengelola ekonomi atau ketidak-pedulian golongan kaya negeri mereka dalam menyikapi golongan-golongan rakyat dibawah mereka. gedung-gedung pencakar langit itu melambangkan ketidak-mampuan penguasa ekonomi mengidentifikasi mana belanja yang lebih bermanfaat. norma-norma ekonomi yang mereka anut adalah norma pengusungan reputasi, keangkuhan dan arogansi, norma pembusungan dada yang menunjuk kemampuan dan kekuasaan diri.

kalau fakta ini dibalik fenomena menjamurnya gedung-gedung tinggi itu, percayalah gedung itu lebih hina dari sampah, karena sampah saja mampu menghidupi golongan dhuafa. sementara gedung tinggi itu hanya tanda semakin dalamnya jurang kesenjangan antara kaya dan miskin.

saya masih tetap berpendapat yang perlu dilihat bukan megahnya gedung itu, tapi lihat pada manusia-manusia yang menghuni gedung. semakin bersahajakah mereka, semakin bermanfaatkah mereka? semakin tinggi gedung yang mereka tinggali, apa memang semakin dekatkah mereka dengan Tuhan yang bertahta di langit di atas mereka?

Tidak ada komentar: