Selasa, 18 November 2008

Diskusi Tentang Peluang Bisnis dalam Krisis

Pertanyaan
Pak Ali, kira2 saya harus usaha seperti apa ditengah crisis ini?
Abdulhadid

Jawab
Mas Abdulhadid, saya bukan pakar dalam konsultasi usaha, tetapi kalau boleh urun rembuk dalam hal ini, saya yakin formula: Harapan + Kemampuan + Peluang = Kenyataan bisa dijadikan pedoman. dengan kondisi yang ada kemampuan mas harus diidentifikasi dulu, kemudian harapannya berusaha apa dan tentu mempertimbangkan peluang yang ada. Selaraskan saja ketiganya (harapan, kemampuan dan peluang), insya Allah akan ada kenyataan yang terbaik dari Allah SWT.

Saya cuma bisa kasih info, usaha mikro seperti jajanan pasar, sayur, buah atau semua produk-produk kebutuhan primer akan bertahan di situasi krisis, sementara kebutuhan sekunder dan tersier akan sangat tergantung pada inovasi produk dan ketahanan (permintaan dan karakteristik) perekonomian domestik. Peralihan konsumsi masyarakat menengah keatas kepada kendaraan yang lebih irit atau motor, atau peralihan menkonsumsi barang-barang second dalam situasi krisis bisa dijadikan pelajaran yang sangat berharga. Bahkan bisnis barang bekas (second) menjadi bisnis favorit di negara manapun ketika krisis melanda. Tinggal menyesuaikan bisnis barang bekas untuk segmen pasar seperti apa; bawah, menengah atau atas (sesuai kemampuan dan harapan juga peluangJ). Sepanjang pengetahuan saya kecenderungan konsumsi akan relatif bergerak seperti itu ditengah krisis.

Namun jika ternyata kenyataannya nanti lebih kecil dari yang diharapkan, tidak perlu kecewa, karena apapun kenyataan yang diberikan oleh Allah itu adalah yang terbaik bagi Mas Abdulhadid, setidaknya Mas sudah dapat pahala begitu besar karena telah berusaha untuk mencari nafkah J. Dan ingat juga loh salah satu jalan melancarkan rizki adalah berinfak dan bersedekah. Maaf kalau tidak memuaskan.

Atau ada teman-teman yang lain yang mau memberikan saran?

4 komentar:

Unknown mengatakan...

untuk bisnis barang bekas
sedikit memberikan pandangan Pak Ali,
menurut data bahwa bisnis kertas sedang oversupply ...jadi menurut saya bisnis kertas bekas yg didaur ulang juga akan terkena imbasnya..harganya mungkin akan turun

kecuali kertas itu tidak langsung dijual ke bandar tapi diolah dulu menjadi industri kreatif yg mempunyai nilai tambah lebih tinggi

GOOGLE KAMI mengatakan...

Ass. Mas, saya minta izinmau ngelink-kan blog mas dengan blog saya ya..Syukran

M. Ridwan

GOOGLE KAMI mengatakan...

Ass. Mas, saya mendapatkan banyak info dari blog Mas, kalau tidak keberatan saya minta izin mau ngelink-kan blog mas dengan blog saya ya..Syukran

M. Ridwan (
Voice of Islamic Economics
)

Pinjaman Jaminan BPKB Mobil mengatakan...

Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan jaminan bpkb mobil, proses pencairan cepat dan pembiayaan kredit mobil bekas dp rendah untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk pengajuan pinjaman dana jaminan bpkb mobil atau pembiayaan mobil bekas, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.

Contact Person :
Sukma Dinata ( Marketing Officer )
Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839
https://www.jaminkanbpkb.com/
https://www.jaminkanbpkb.com/p/leasing-pembiayaan-kredit-mobil-bekas.html