Kamis, 24 September 2009

Mari Berhitung...

Mari berhitung-hitung dosa yang sudah kita lakukan sepanjang jalan hidup ini.




  1. Dosa kepada Allah, karena menempatkan-Nya hanya sekedar tempat mengadu dan berkeluh kesah atau bahkan tak pernah mengakui keberadaan dan kebesarannya di hati dan jiwa.


  2. Dosa kepada diri sendiri yang kita lakukan ketika kita sendirian.


  3. Dosa kepada anak-anak kita, karena sering memarahinya tanpa alasan yang jelas atau sekedar tidak mampu menahan emosi karena belitan masalah-masalah lain.


  4. Dosa kepada istri, kesetiaan dan kesabarannya harus kita balas dengan senym kecut dan sindiran-sindiran atau perintah-perintah yang seenaknya.


  5. Dosa kepada orang tua, rasanya semua sisi pergaulan kita dengan mereka meninggalkan jejak dosa yang terlalu banyak untuk dilisankan disini.


  6. Dosa kepada mertua, karena tidak memberikan hormat selayaknya orang tua sendiri atau prilaku lainnya yang menyakitkan.


  7. Dosa kepada adik, karena tidak memberikan contoh atau membantu ketika mereka membutuhkan.


  8. Dosa kepada kakak, karena tidak menjadi adik yang baik selama ini.


  9. Dosa kepada keluarga dan kerabat, karena telah sekian lama tidak mempu membantu dan menjadi beban serta merusak nama baik keluarga.


  10. Dosa kepada kawan dan sahabat, karena tidak memberikan nasehat atau bantuan atau mengajak pada kebaikan yang mampu mengekalkan persahabatan.


  11. Dosa kepada tetangga, karena tak ada hari tanpa pergunjingan tentang mereka dari lisan-lisan kita, atau sekedar tak pernah mau tahu kalau mereka itu tetangga.


  12. Dosa kepada ummat, karena telah sekian lama kita hanya asyik dengan diri kita sendiri.


  13. Dosa ... dosa... dosa... mungkin tak cukup tulisan menggambarkan banyaknya dosa kita ini...


Bagaimana jika kita hitung dosa di atas itu berdasarkan pelakunya, mungkin akan kita sadari lagi, bahwa dosa kita memang sudah tak dapat dihitung-hitung, misalnya:





  1. Dosa mata kita kepada; Allah, diri sendiri, anak, istri, orang tua, mertua, adik, kakak dan seterusnya.


  2. Dosa lisan kita kepada;...


  3. Dosa tangan kita kepada;...


  4. Dosa masing-masing anggota tubuh kita pada masing-masing manusia yang kita kenal atau semua penghuni alam semesta...


Apakah semua itu sudah kita mintakan pegampunannya dari Tuhan, meminta maaf kepada mereka yang merasakan mudharatnya kita, dan kemudian tunjukkan dengan amal-amal kebajikan sebagai bentuk kesungguhan dari taubat dan permohonan maaf kita, sehingga langit menyirami hati kita dengan kesejukan dan ketentraman. Dengan begitu semua penghuni langit bershalawat merdu atas diri kita, dan penghuni bumi pun semakin rela dengan kehadiran kita di tengah-tengah mereka.

Duhai diri, boleh jadi tak ada pahala yang mampu menghapusnya kecuali hanya kasih sayang-Nya...

Tidak ada komentar: