Rabu, 26 Agustus 2009

Handbook Kampanye Hidup Sederhana

Ingat pada prinsip

1. Orientasi hidup adalah syurga
2. Hakikat hidup adalah beribadah kepada Allah SWT
3. Sukses hidup adalah bermanfaat bagi manusia lain & lingkungan
4. Allah SWT tidak melihat hasil usaha tetapi melihat apakah usaha dilakukan atau tidak
5. Usaha itu berdasarkan kemampuan masing-masing manusia


Amal hidup sederhana:

  1. Hindari utang
  2. Beli apa yang menjadi kebutuhan
  3. Belanja makanan pokokmu sepatutnya lebih besar dari belanja cemilanmu; cek daftar belanjamu lebih banyak makanan yang melayani kemalasan atau kebutuhan untuk beraktifitas, yang akhirnya memangkas potensi infak dan sedekahmu.
  4. Pakaianmu betul-betul pakaian yang dipakai bukan hanya jadi hiasan dan pelengkap lemari; cek lemarimu lebih banyak pakaian yang kau pakai atau pakaian yang abadi terlipat di lemari. Cek juga apakah pakaianmu melayani kebutuhan menutup auratmu atau melayani kesombonganmu.
  5. Rumahmu adalah rumah yang ditinggali bukan menjadi gudang tak terpakai; cek rumah dan tanahmu lebih banyak yang dimanfaatkan atau melompong terbengkalai.
  6. Perlengkapan rumah adalah alat melancarkan aktifitas rumah; cek perlengkapan rumahmu lebih banyak yang terpakai atau menjadi penghuni gudang atau sekedar dipandang-pandang.
  7. Handphonemu adalah alat yang melancarkan komunikasi dan silaturahmi; cek HP-mu dari sekian jumlahnya berapa banyak yang telah melalaikanmu dan menyita waktu ibadahmu.
  8. Mobil dan motormu adalah alat transportasi yang melancarkan mobilitasmu; cek motormu lebih melayani kebutuhanmu atau sekedar melayani hobby dan gaya hidupmu, yang membuat harga mobil/motor harus kalah dengan asesorisnya.
Sekedar muhasabah pada diri dan harta kita...

Tidak ada komentar: