Selasa, 29 September 2009

Review Risalah Taklim: Ekonomi Islam


Membaca buku Risalah Taklim karya Imam Syahid Hasan Al Banna, memberikan banyak semangat bagi saya, baik dengan sengaja maupun tidak. buku itu sudah memberikan saya banyak inspirasi dalam memahami prinsip-prinsip hidup dan kehidupan.


Artikel yang sampai saat ini saya selalu baca berulang-ulang (karena haus akan provokasi semangat beramal dan berdakwah) adalah; "Kepada Para Pemuda dan Mahasiswa". Artikel itu seperti menjadi penyemangat ekstra, selain Qur'an dan Hadits, bagi semua kerja-kerja dakwah dan keilmuan yang telah dipaksakan untuk menjadi kesibukan sehari-hari.


Tetapi akan sangat tidak lengkap jika latar belakang saya yang banyak tenggelam dengan wawasan keilmuan ekonomi Islam, saya tidak mengkaji pemahaman Imam Syahid Hasan al Banna tentang Ekonomi Islam.


Sekilas tulisan Imam Al Banna tentang Ekonomi Islam sangat kental dalam pembahasan hakikat ekonomi (economic paradigm), kesederhanaan hidup (economic behavior) dan pendistribusian kemanfaatan harta (wealth income distribution).


Oleh sebab itu, saya berharap saya memiliki waktu untuk mengkaji tulisan beliau pada buku Risalah Taklim tentang Ekonomi Islam. Bismillah.

1 komentar:

Basrul mengatakan...

Artikel yang bagus. Bisa di publikasi kan juga di web kami M.Ei Azzahra. Terima kasih