Rabu, 07 Oktober 2009

Amal Dakwah di Pelosok Padang Pariaman


Sebagai simpatisan partai dakwah, saya cukup berbangga hati karena selama 4 hari wara-wiri di pedesaan Kabupaten Padang Pariaman, kantor-kantor PKS sebagai markazud dakwah baik di tingkat DPRa, DPC maupun DPD, aktif dan berfungsi sebagai posko penggalangan bantuan dan pelayanan social.

Kebanggaan itu tidak sampai disitu, diperjalanan menyebarkan bantuan kami selalu berpapasan dengan rombongan atau sukarelawan PKS. Dan yang mengagumkan mereka bukan hanya berasal dari wilayah Padang Pariaman tetapi dari daerah Sumatera Barat lainnya atau bahkan dari provinsi tetangga. Di desa Padang Sagu Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman berdiri posko yang didirikan sukarelawan PKS dari DPW Sumatera Selatan.

Pada lain kesempatan saya jumpai beberapa anggota Kepanduan PKS dari Duri Provinsi Riau di satu Masjid di Jalan Raya penghubung antara Kota Padang dan Kota Pariaman. Kami berkenalan dan ngobrol singkat. Setelah itu saya titipkan dana zakat pribadi saya untuk disalurkan dalam rangka penyaluran bantuan social mereka.

Kerja para sukarelawan PKS local dan luar Sumbar terkoordinasi melalui P2B (Pos Penanggunalangan Bencana) PKS yang memang sudah eksis di tiap daerah. Budaya ukhuwwah dalam interaksi kader di PKS membuat koordinasi kerja-kerja dakwah social seperti penanggulangan bencana ini menjadi relative lancar.

Saat beristirahat selepas menghabiskan amunisi bahan pokok, saya berjumpa dengan rombongan DPP PKS Jakarta yang didampingi oleh teman-teman DPW Sumbar di sebuah rumah makan di daerah Sicincin. Dalam rombongan saya lihat Ust. Tifatul Sembiring, Presiden PKS sedang lesehan menyantap makan malam. Alhamdulillah, setidaknya pemimpin memberikan contoh bagaimana sepatutnya bersegera beramal shaleh dalam kerja-kerja partai dakwah ini. Beliau sampai ke pelosok di daerah pusat gempa, semoga ini menggambarkan kerja-kerja dan militansi kader di bawahnya. Sebagai simpatisan, ini sebuah kebanggaan tersendiri.

Kebanggaan semakin bertambah ketika melihat tidak ada satupun partai politik yang melakukan kerja-kerja social yang sama. Kerja social PKS memang hakikatnya adalah kerja dakwah yang mencerminkan filosofi dasarnya, paradigma berkembangnya, dan langkah-langkah implementasi misinya. Tersenyum saya ketika melihat spanduk cukup besar di pertigaan jalan di daerah Kecamatan Patamuan yang bertuliskan “KEMANA PARTAIKU.”

Hal ini semakin menegaskan bahwa PKS adalah partai dakwah, dimana motivasi terbesarnya adalah ibadah, prinsip kerjanya adalah amar ma’ruf nahi munkar (mengajak berbuat baik dan menolak kemunkaran), dan semangatnya adalah fastabiqul khairat (berlomba untuk berbuat baik) melalui kerja-kerja islahul ummah (perbaikan masyarakat) menuju terwujudnya khairu ummah (ummat yang terbaik).

Semoga kader-kader dakwah selalu mendapat ramat dan kasih sayang Allah SWT, untuk selalu berada di jalan dakwah ini, selalu berada di garis terdepan dalam kerja-kerja kebaikan dalam rangka mewujudkan jama’ah syurga di muka bumi ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar: