Jumat, 02 Oktober 2009

Gerakan Batik Nasional


Hari ini hari bersejarah, batik telah membangkitkan semangat nasionalisme bangsa yang sudah lama jarang dirasakan bersama. Sentimen nasionalisme akibat "dilecehkan" negara jiran pada beberapa isu, membuat gerakan batik nasional sebagai respon dari pengakuan dunia, menjadi sebuah even show off yang sangat diidamkan semua warga bangsa.


Batik juga menjadi ikon pemersatu yang efisien memadukan isu nasionalisme dan pembangunan ekonomi domestik. Gerakan batik nasional telah menghidupkan industri tekstil khas nasional yang dominan diisi oleh pelaku usaha mikro-kecil. gerakan inipun kemudian membuat bola salju membangkitkan sentimen setiap daerah untuk memunculkan motif-motif dan versi batiknya masing-masing.


Batik juga menjadi simbol pemersatu bangsa, karena ia kemudian memutuskan sekat-sekat kesukuan, agama, bahasa, kelompok dan golongan. Batik menjadi gerakan masal yang diterima semua lapisan warga bangsa, sehingga semangat nasionalisme begitu genuine dan bersih muncul dipermukaan. Dan ini menjadi modal besar bagi kita untuk lebih care pada sesama warga bangsa, terlebih dalam keadaan seperti ini. Keadaan negara yang selalu ditimpa musibah dan bencana.


inilah Indonesia yang sedang bangkit! Mari teruskan! Terus berdiri, agar kita semakin tinggi dan dilihat dunia. Kita beritahu dunia bahwa Indonesia adalah negara yang pantas dipandang dan ditauladani. Atau mungkin memimpin dunia.

Tidak ada komentar: